VTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM Slideshow
Student Report
Hari Minggu, tanggal 8 April 2012, kami berkumpul di Bandara Internasional Juanda pada pukul 04.30 dengan memakai kaus seragam yang telah dibagikan sebelumnya. Semangat kami tetap terlihat meskipun kami masih dalam keadaan mengantuk. Kami take-off menuju Singapura dengan penerbangan China Airlines pada pukul 06.00, dan tiba di Singapura pada pukul 09.00 (waktu lokal). Kegiatan kami diawali dengan singgah ke ikon Singapura, Patung Merlion. Kami menyempatkan diri untuk berfoto dan menikmati pemandangan kota pada pagi hari. Perjalanan kami berlanjut dengan singgah ke gedung unik berbentuk mikrofon. Ya, itulah Esplanade Theatre, sebuah gedung teater yang biasa digunakan untuk pergelaran konser. Kemudian, tanpa menghabiskan waktu lebih lama lagi, kami langsung berangkat menuju Universal Studio Singapore (USS) untuk menikmati berbagai wahana permainan di sana. Keadaan USS pada hari Minggu yang sangat ramai saat itu tidak menyurutkan semangat kami. Selain bermain dan menguji adrenalin, kami juga menikmati makan siang, berfoto, serta membeli suvenir khas USS. Setelah makan malam, kami melanjutkan perjalanan kami menuju Sentosa Island. Di sana, kami menikmati pertunjukan Songs of the Sea, sebuah drama musikal yang disertai dengan atraksi air mancur, permainan sinar laser, dan kembang api yang mengagumkan. Tak disangkal lagi, kegiatan pada hari pertama tersebut membuat kami lelah. Kami pun segera menuju ke Peninsula Excelsior Hotel di daerah City Hall, untuk check-in dan beristirahat.

Hari Senin, tanggal 9 April 2012, setelah bangun tidur, kami bergegas mandi, menikmati sarapan di hotel, dan bersiap untuk konser kami yang pertama… yaitu di NAFA. Setelah melakukan sedikit pemanasan di hotel, kami berangkat menuju NAFA pada pukul 09.30. Sampai di sana, kami disambut dengan poster yang bertuliskan “Concert by Petra Youth Orchestra” yang terpampang di papan pengumuman Department of Music NAFA. Kami dibawa menuju ke Recital Hall untuk mendapat pengenalan singkat mengenai NAFA yang dipandu oleh Mr. Richard J. Adam (Dean Faculty of Music), sekaligus melakukan persiapan konser. Setelah itu, kami menikmati makan siang yang telah disiapkan oleh pihak NAFA. Selesai makan, kami segera menuju ke Lee Foundation Theatre, tempat kami melakukan konser. Di sana, kami mendapat kesempatan untuk berlatih dengan seorang conductor dari NAFA beserta beberapa mahasiswa NAFA, yang berkolaborasi dengan kami dalam lagu Mozart Symphony No. 25. Tepat pada pukul 13.30, kami pun melangsungkan konser. Sungguh… merupakan pengalaman yang berharga bagi kami mendapatkan kesempatan untuk konser di NAFA.

Hari Selasa, tanggal 10 April 2012, adalah hari terakhir kami di Singapura. Setelah sarapan, kami mendapat pengarahan singkat sebelum check-out dari hotel. Selanjutnya, kami berangkat menuju ke Pei Hwa Presbyterian Primary School. Sesuai dengan rencana, kami juga akan melangsungkan konser di Pei Hwa. Karena itu, kami melakukan sedikit persiapan sambil menikmati snack. Konser kami di Pei Hwa bertepatan dengan perayaan International Friendship Day and Arts Fest. Setelah penampilan konser dari kami, Pei Hwa pun menyuguhkan beberapa penampilan seperti ansambel gitar, tari-tarian, dan paduan suara. Tetapi sayangnya… pada pertengahan penampilan tersebut, kami harus segera berangkat menuju ke Kuo Chuan Presbyterian Secondary School, karena kami juga akan tampil di sana. Sampai di Kuo Chuan, kami hanya sempat menyesuaikan panggung dan berlatih sebentar, kemudian kami kembali melangsungkan konser kami yang terakhir. Setelah itu, kami dijamu oleh pihak Kuo Chuan dengan jamuan makan siang. Lega rasanya karena telah melewati serangkaian konser kami, tetapi hal tersebut juga membuat kami sedih … karena itu berarti bahwa waktu kami di Singapura juga akan berakhir.

Sebelum pulang, kami menyempatkan diri menuju ke Singapore Flyer, sebuah bianglala raksasa. Akan tetapi… hujan turun dan disertai petir, sehingga pihak operator wahana ini menghentikan operasinya. Akhirnya, kami pun hanya berfoto dan membeli suvenir di sana. Kami segera kembali ke bus dan menuju ke sebuah rumah makan untuk menikmati makan malam. Setelah itu, kami menuju ke Bandara Changi dan melakukan early check-in. Di bandara tersebut, kami masih memiliki waktu yang cukup sangat lama, sehingga dapat berjalan-jalan di dalam bandara yang bisa dikatakan mirip sebuah mall. Pada pukul 21.45, pesawat kami take-off menuju ke Surabaya. Sungguh sebuah pengalaman yang sangat berkesan dan tak terlupakan. Kami sangat menantikan kesempatan berikutnya.

by: Elisabeth Kathryn
SMA Kristen Petra 1