VTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM Slideshow
Sambutan Dewan Pengurus

Hadirin yang saya hormati.
Selamat petang.
Selamat berjumpa di auditorium PPPK Petra.

Terpujilah Tuhan karena hari ini Tuhan memperkenankan kita hadir di auditorium PPPK Petra untuk menyaksikan pagelaran orkestra yang akan dimainkan oleh para siswa PPPK Petra yang tergabung dalam Petra Youth Orchestra. Konser malam ini adalah konser ke-6 Petra Youth Orchestra, Namun, dalam konser malam ini, ada sesuatu yang berbeda dibanding dengan konser sebel-umnya, Selain melibatkan beberapa alumni PPPK Petra, Petra Youth Orchestra malam ini akan menampilkan beberapa repertoar lagu bersama dengan tamu istimewa PPPK Petra, yaitu tim orchestra dari Sekotah Menengah UCCKE (United Christian College Kowloon East) Hong Kong, Kolaborasi musisi antarbangsa yang luar biasa ini akan mengangkat komposisi-komposisi musik modern dan klasik bernuansa Chinese Oriental.

Konser malam ini, yang bertajuk "The Scent oF Serenity", seakan-akan ingin menyampaikan pesan dan makna kepada kita semua bahwa kehidupan yang baik selalu : membutuhkan ketenangan dan kedamaian. Sekalipun dalam sebuah orkestra ada berbagai macam alat musik yang berbeda beda bentuk dan spesifikasi suaranya, namun justru melalui perbedaan-perbedaan alat-alat musik ini, Petra Youth Orchestra ingin menyampaikan makna dan nilai tentang ketenangan dan kedamaian dalam hldup, Semua pesan itu akan tersampaikan apabila tim orkestra marnpu membangun kerja sama yang baik, harmonis, dan saling melengkapi dalam sebuah orkestra. Perbedaan alat musik dalam penampilan sebuah konser tidak dimaksudkan untuk saling menjatuhkan, juga tidak untuk saling menonjolkan keunggulan diri sendiri, tetapl melalui musik orkestra itu kita justru belajar banyak tentang arti kebersamaan, belajar meletakkan kepentingan bersama, dan belajar menyingkirkan egoisme pribadi maupun egoisme kelompok. Melalui musik, kita dapat memberi damai dan ketenangan bagi hidup orang lain.

Hidup dengan ketenangan dan kedamaian merupakan salah satu impian dan harapan lembaga pendidikan Kristen. Dengan visi dan misinya, lembaga pendidikan Kristen berjuang untuk menghasilkan anak didik yang mencintai kedamaian, marnpu membangun ketenangan hidup dan kedamaian dalam kehidupan bersama orang-orang di sekitarnya.

Makna tenang dalam hidup juga tercantum dalam I Petrus 4:7 yang menasihati kita, "Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa". Dengan demikian hubungan kita dengan Allah tetap terpelihara melalui doa doa kita.

Malam ini, PPPK Petra merasa sangat bangga, sangat berbahagia, dan merasa sangat terberkati. Betapa tidak? Karena sebagai salah satu lembaga pendidikan Kristen di Indonesia, PPPK Petra ternyata dianugerahi anak-anak muda yang terampil dan berbakat, yang berasal dari orang tua dan keluarga yang hebat. Sukses perjalanan Petra Youth Orchestra selama ini terjadi karena dukungan dan support yang luar biasa dari para orang tua siswa.

Sebagai lembaga pendidikan Kristen, PPPK Petra tetap berkomitmen dan berorientasi pada kebutuhan dan kepentingan masa depan anak. Untuk itu, di kemudian hari, PPPK Petra akan terus-meneois membangun jejaring dengan lembaga-lembaga pendidikan baik di dalam negeri maupun di luarnegeri.

Hadirin yang saya kasihi di dalam Tuhan.
Pada abad ke-21 ini, sukses seorang anak tidak lagi bertumpu pada keunggulan akademik saja. Pada zaman ini, anak-anak kita bisa sukses di bidang-bidang nonakademik seperti musik, tari, cooking, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, lembaga pendidikan dituntut untuk mampu mewadahi potensi dan minat tiap anak didik yang Tuhan percayakan kepada lembaga tersebut. Untuk maksud itu semua, PPPK Petra mengimbau agar para orang tua mampu menjalin hubungan komunikasi dan kerjasama dengan sekolah demi tercapainya hasil yang optimal bagi anak-anak.

Orang tua di abad ini seyogyanya memiliki perencanaan yang baik bagi masa depan anak sesuai dengan bakat, minat, dan potensi anak. Orang tua wajib mengisi u/aktu luang anak di rumah dengan berbagai kegiatan yang konstruktiFdan edukatiF Bila PPPK Petra mengharapkan dan menginginkan anak didiknya sukses di kemudian hari, program serta kegiatan di bidang musik dan tari seperti Petra Youth Orchestra, Petra Children Choir, dan Petra Children Dancers mutlak hams terus dikembangkan di kemudian hari. Sudah barang tentu, langkah ini tidak mudah. Melalui musik dan tari, empati anak terhadap kehidupan di lingkungannya juga dilatih dan dikembangkan. Lewat kegiatan tersebut, anak diberi kesempatan melakukan dan mengalami pelbagai tantangan kehidupan agar potensi anak terasah makin matang. Sebuah pepatah Tionghoa mengatakan, "Ni Jing Chu Ren Cai". Artinya: melalui kesulitan serta ketekunan, potensi dan bakat akan makin tampak.

Mewakili Dewan Pengurus PPPK Petra dan keluarga besar PPPK Petra, saya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta, khususnya Petra Youth Orchestra yang malam ini berhasil menyelenggarakan konser ke-6. Terima kasih yang tak terhingga juga saya sampaikan kepada seluruh orang tua para musisi Petra Youth Orchestra. Semoga konser pada malam ini bukan merupakan klimaks bagi perjalanan PYO di kemudian hari. Melalui konser seperti ini, PPPK Petra berharap akan mampu menggandeng lebih banyak anak-anak berbakat dari berbagai negara.

To our special guests, students and teachers of The United Christian College, Kowloon East, Hong Kong, I would like to express our deepest gratitude to all oFyou, for your willingness to be here with us, to join and support Petra Youth Orchestra this evening. It's our great honour to host this special event, the joint concert of PYO and UCCKE. I believe this will be the beginning of our long term partnership. I really appreciate you for making this collaboration concert comes true. Your presence makes this PYO sixth annual concert extraordinary.

Atas semua kontribusi bagi keberhasilan konser malam hari ini, saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota panitia penyelenggara.

Tuhan memberkati kita semua.

 

Surabaya, 21 Agustus 2014

Dewan Pengurus PPPK Petra

 

dr. Liliek Gondomono

Ketua I