VTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM SlideshowVTEM Slideshow
Let-The-Music-Heal-Your-Soul

Musik adalah bahasa universal. Ungkapan tersebut hendaklah jangan disalahartikan dengan 'musik bisa dipahami semua orang secara langsung'. Yang bisa dipahami secara universal adalah pembawaan suasana dari musik itu sendiri. Dalam bahasa musik, siapa pun setuju bahwa lagu "Gugur Bunga" bukanlah lagu gembira, sementara lagu-lagunya Metalica bukanlah lagu sendu. Karena, musik telah menyampaikan kepada siapa pun kandungan rasanya secara universal.

Bermula dari sebuah gagasan dr. Liliek Gondomono (Ketua I PPPK Petra) tentang keinginan untuk membentuk sebuah grup orkestra di sekolah PPPK Petra,  gagasan tersebut diwujudkan dengan membentuk wadah bagi para siswa PPPK Petra yang memiliki kemampuan dan bakat di bidang ini. Petra Youth Orchestra (PYO) adalah wujud dari gagasan tersebut. Mereka yang terlibat dalam PYO ini adalah siswa-siswi yang berasal dari sekolah PPPK Petra, mulai dari SD, SMP, dan SMA.

Sebelum menjadi personel PYO, para siswa menjalani seleksi dalam dua tahap audisi. Tahap pertama, audisi dilakukan secara perseorangan, audisi ini terbagi dalam dua wilayah. Wilayah timur terdiri atas SD Kristen Petra 5, SD Kristen Petra 9, SD Kristen Petra 13, SMP Kristen Petra 2, SMP Kristen Petra 3, SMA Kristen Petra 2, dan SMA Kristen Petra 3, sejumlah 42 orang. Sedangkan wilayah barat diikuti oleh siswa-siswa dari SD Kristen Petra 1, SD Kristen Petra 10, SMP Kristen Petra 1, SMP Kristen Petra 4, SMP Kristen Petra 5, SMA Kristen Petra 1, SMA Kristen Petra 4, dan SMA Kristen Petra 5, sejumlah 53 orang. Siswa yang lolos audisi tahap pertama berjumlah 36 orang. Tahap kedua, audisi bersifat implisit dalam kelompok latihan rutin setiap hari Jumat. Akhirnya, tersaring 30 orang siswa-siswi PPPK Petra, mereka adalah: Caesar dari SD Kristen Petra 1; Kenny K.D. dari SD Kristen Petra 5; Chaterine dan Madeline dari SD Kristen Petra 9; Naomi G. dari SD Kristen Petra 10; Elisabeth K., Irene F.W., dan Shannon dari SMP Kristen Petra 1; Lieke G. dan Mellisa Y. dari SMP Kristen Petra 2; Bhernadet V., Mariska, Michele G., Olivia W., dan Shandy dari SMP Kristen Petra 3; Budhi N.G. dari SMP Kristen Petra 4; Aerin A., Elaine J.S., Karina W. Prisilia, dan Victor N. dari SMA Kristen Petra 1; Billy, Calvi P.T., Eunice, Evan F., Ferlencia, I Made Rayo, Jessica H., dan Sylvia Diana dari SMA Kristen Petra 2.

Petra Youth Orchestra mencoba mengangkat musik sebagai sarana pembangun image positif PPPK Petra bagi khalayak umum.  Melalui musik, diharapkan PPPK Petra bisa lebih menunjukkan eksistensinya. Selain itu, Petra Youth Orchestra juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam berbagai acara di lingkungan PPPK Petra, dan terlibat dalam pelayanan di berbagai gereja. Gereja-gereja yang ada, diharapkan dapat menjadi wadah sekaligus tempat pelayanan bagi Petra Youth Orchestra. Semoga Petra Youth Orchestra dapat terus berkembang.

hr